Saat ini, pendidikan komputer memiliki peran sangat
penting. Ketika pada awalnya, para Ahli membuat komputer hanya untuk
mengolah data dalam membantu mempermudah pekerjaan Ilmuwan,
Namun seiring berjalannya waktu, komputer digunakan dalam dunia Perkantoran dan Pendidikan. Tentu saja, karena dengan komputerisasi, segalanya menjadi mudah dilakukan.
Dalam dunia sekolah, pendidikan komputer merupakan sebuah
keniscayaan. Bagaimana tidak, komputer sangat membantu sebagai Alat
Bantu (media), Alat Uji, Alat Peraga yang dapat berinteraksi dengan
siswa. Meski demikian, interaksi komputer dengan siswa tetap memerlukan
peran pengajar yang berpengalaman).
Keunggulan Interaksi komputer dengan siswa ialah lebih cepat, lebih obyektif, dan sebagai alat peraga (simulasi) dengan resiko mendekati Nol.
Progam simulasi atau software yang baik untuk pendidikan komputer disesuaikan
dengan usia. Para Guru atau Orangtua harus memahami perkembangan
pemahaman anak.
Untuk
anak usia 0-2 tahun anak mendapat pemahaman dari panca indra dan
bahasa isyarat. Mulai Usia 3 tahun, anak mulai menggunakan bahasa dan
lambang atau simbol tertentu bahkan sudah mulai bisa memahami logika.
Dalam
pendidikan komputer, dimulai dengan pemahaman konsep tentang komputer
mulai dari istilah, perintah, cara kerja dan konfigurasi yang
digunakan. Ini dapat dilakukan sedini mungkin sejak sekolah dasar atau sekolah menengah pertama. perlu juga ditanamkan keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh dengan adanya alat bantu komputer.
Keunggulan pendidikan komputer untuk anak-anak ialah pada program atau software edutainment
gabungan EDUcation (pendidikan) dan EnterTAINMENT (hiburan). Karena
masa kanak kanak ialah masa penuh keceriaan atau hiburan dan Program edugame gabungan EDUcation (pendidikan) dan game (permainan).
Software
tersebut bisa meningkatkan kreativitas anak, melatih syaraf motorik,
Sebagai contoh antara lain Permainan kombinasi benda, Berhitung, Tebak
Angka, Tebak Gambar, Menyusun Gambar,
Karena didukung peran perangkat media gambar, suara, bahkan gerak
(multimedia). Dengan demikian, suasana belajar menjadi menarik dan
menyenangkan.
Pemahaman
juga bisa dilakukan melalui contoh penggunaan perangkat lunak untuk
memresentasikan informasi seperti perangkat lunak pemroses kata
(WordStar, WordPerfect) atau perangkat untuk menggambar (CorelDraw, Dr. Halo).
Karena sifat perangkat lunak yang ada umumnya cukup mudah
dioperasikan, perasaan takut untuk menghadapi komputer dapat dikikis
sedikit demi sedikit dan diganti dengan perasaan senang bekerja dengan
komputer.
Sejak diberlakukannya Kurikulum
Berbasis Kompetensi 2004 (KBK 2004), Pemerintah sudah sangat
mementingkan pendidikan komputer atau Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
Diantaranya adalah memfasilitasi sekolah-sekolah dengan komputer dan internet,
untuk memudahkan pelajar memahami materi yang disampaikan. Tidak
peduli sekolah di desa, jika mereka bisa mengakses internet, maka
kemajuan dalam hal pendidikan pun akan lebih mudah dicapai.
Untuk Mengamalkan Ilmu Teknologi Informasi atau pendidikan komputer di sekolah, setidaknya dibutuhkan perangkat berikut:
- Tenaga pengajar yang berpengalaman,
- Pengadaan peralatan lab komputer dan lain lain.
Saat ini sudah banyak sekolah yang menjadi sekolah favorit
karena mempunyai tenaga pengajar komputer berpengalaman, memiliki
laboratorium komputer yang memadai lengkap dengan Internet 24 Jam.
Dengan
tersedianya pendidikan komputer, maka proses belajar tidak lagi
membosankan dan bisa membuat pendidikan Indonesia bangkit mengejar dan
mengalahkan negara maju.
Sumber : AnneAhira.com
Sumber : AnneAhira.com
Post a Comment